Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy S21 FE

Samsung Galaxy S21 FE sempat diragukan kehadirannya. Pasalnya, sejumlah isu mengatakan bahwa Samsung S21 FE bakal bernasib miris.

Beberapa rumor menyebut Samsung S21 FE akan dibatalkan, imbas dari kelangkaan chip yang tengah melanda industri teknologi dunia.

Namun, isu miring tersebut nyatanya tidak terbukti. Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy S21 FE 5G kepada publik pada Selasa (4/1/2022) waktu Indonesia.

Samsung Galaxy S21 FE 5G menjadi ponsel Samsung pertama yang diperkenalkan pada 2022 ini. KompasTekno mendapat kesempatan mencoba Samsung S21 FE 5G versi Indonesia.

Begini kesan yang kami dapat saat pertama kali mencoba Samsung S21 FE 5G.

Kotak kemasan Samsung S21 FE 5G

KompasTekno mendapat kesempatan untuk mencoba Galaxy S21 FE 5G berwarna putih.

Ukuran kotak kemasan dari ponsel ini tampak ramping dan simple. Wajar saja, karena Samsung tidak menyertakan charger di dalam paket pembelian tersebut.

Kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE didominasi oleh warna putih dengan huruf “S” berwarna silver di bagian depan.

Tampilan kemasan ini tampak ringkas dan tidak neko-neko. Terdapat tulisan “Galaxy S21 FE” di bagian bawah dan sisi kiri.

Kotak kemasan ini juga memiliki motif yang hanya akan terlihat jika dilihat dengan seksama. Motif tersebut mewakili sejumlah ikon dari fitur yang dibawa seperti kamera macro, mode gelap, dll.

Seperti di kotak kemasan varian Galaxy S21 lainnya, Samsung juga menghilangkan kepala charger untuk Galaxy S21 FE 5G. Juga tidak ada earphone serta aksesori lain seperti softcase.

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE 5G ini hanya berupa buku panduan singkat, kabel charger USB-C ke USB-C, kartu garansi, serta SIM ejector.

Ringan dan solid

Kesan pertama yang kami dapat dari Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Bobot dari Samsung Galaxy S21 FE 5G ini juga terasa ringan. Mengutip halaman GSM Arena, bobot ponsel ini sekitar 177 gram saja dengan dimensi 155,7 x 74,5 x 7,9 mm, lebih ringan ketimbang Samsung Galaxy S20 FE yang dirilis tahun lalu.

Bobot tersebut mengingatkan kami kepada Samsung Galaxy M52 5G yang juga terasa sangat enteng. Dengan demikian, Samsung Galaxy S21 FE 5G terasa nyaman saat berada dalam saku.

Jika dibandingkan dengan varian Samsung Galaxy S21 lainnya, ukuran layar Samsung Galaxy S21 FE 5G berada di antara Galaxy S21 reguler dan Galaxy S21 Plus.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali layar seluas 6,4 inci. Sementara Samsung Galaxy S21 reguler memiliki layar 6,2 inci dan Samsung Galaxy S21 Plus punya layar 6,7 inci.

Namun, meski sedikit lebih besar, Galaxy S21 FE memiliki tepian yang membulat, sehingga terasa pas dan nyaman untuk digenggam.

Bingkai Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari aluminium yang solid, sementara cover belakang ponsel tersebut terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte.

Bagian belakang Samsung S21 FE terbuat dari bahan plastik, termasuk modul kamera belakang yang terlihat sedikit menonjol.

Bodi plastik inilah yang membuat Samsung Galaxy S21 FE 5G terkesan “murah”.

Walaupun demikian, plastik dengan finishing matte tersebut terasa cukup kesat ketika digenggam, sehingga ponsel tidak mudah jatuh dari tangan. Finishing tersebut juga membuat sidik jari tidak mudah menempel di bagian belakang.

Di sisi kanan Samsung Galaxy S21 FE 5G, terdapat tombol volume serta power yang bisa menjadi shortcut untuk asisten virtual Bixby.

Di bagian bawah, terdapat laci untuk dua kartu SIM tipe Nano. Namun, Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak menyediakan slot untuk MicroSD sebagai penyimpanan tambahan.

Selain laci untuk kartu SIM, di bagian bawah terdapat pula port USB tipe C dan satu grill speaker. Samsung Galaxy S21 FE 5G ini bisa mengeluarkan suara stereo dengan satu speaker di bagian bawah dan satu lagi terselip di bagian frame atas.

Sementara di sisi kiri ponsel terlihat polos tanpa tombol dan di bagian atas terdapat mikrofon dan speaker yang nyaris tidak terlihat.

Layar AMOLED

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control.

Terdapat sebuah punch hole di bagian tengah atas layar yang memuat kamera 32 megapiksel.

Layar Samsung Galaxy S21 FE 5G bisa menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan dan warna yang sangat baik.

Kami juga mencoba menggunakan Samsung Galaxy S21 FE 5G di bawah terik matahari. Hasilnya, tampilan layar masih dapat terlihat jelas dengan warna yang tetap tajam.

Samsung Galaxy S21 FE 5G mendukung refresh rate 120 Hz yang membuat gerakan animasi saat menggulirkan layar atau pindah aplikasi terlihat sangat mulus.

Layar Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki aspect ratio 19,5:9. Sedikit berbeda dengan ukuran Galaxy S pada umumnya, yakni 20:9.

Jika dilihat, layar Samsung Galaxy S21 FE 5G terlihat memenuhi bodi ponsel. Bingkai hitam di sekeliling layar terlihat cukup tipis, namun, sedikit lebih tebal di bagian bawah.

Android 12 yang cantik dan gesit

Samsung Galaxy S21 FE 5G sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antar muka khas Samsung, OneUI 4.

OS Android 12 sendiri membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih simpel. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai “Material You”.

Dipadankan dengan hardware yang mumpuni, Android 12 terasa sangat gesit berjalan di Samsung Galaxy S21 FE 5G. Sebagai informasi, Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia dibekali dengan chipset Exynos 2100 yang dibuat dengan fabrikasi 5nm.

Chipset tersebut disandingkan dengan RAM 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 128 GB dan 256 GB.

Material You yang diusung Android 12 terlihat memiliki warna yang simple namun ciamik. Salah satu ciri khas Android 12 adalah kemampuan sistem menyesuaikan warna panel sesuai dengan warna yang dominan dari wallpaper yang dipilih.

Selain desain dan tampilan, kinerja Android 12 di Samsung Galaxy S21 FE 5G lebih responsif.

Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Spesifikasi Samsung S21 FE di Indonesia

Apabila Anda berencana membeli Samsung S21 FE 5G, ada baiknya melihat tabel spesifikasi berikut ini sebagai pertimbangan:

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Dimensi dan bobot 74,5 x 155,7 x 7,9 mm, 177 gram

Layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz,Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control

Chipset Exynos 2100 5nm (versi Indonesia)

CPU dan GPU CPU: 5nm 64-bit Octa-Core processor GPU: Adreno 660

RAM dan memori penyimpanan 8 GB/128 GB 8 GB/256 GB

SIM dan microSD Dual SIM, tanpa slot microSD

Kamera belakang Kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), FOV 123 derajat Kamera wide 12 MP, dual Pixel AF, OIS, (f/1.8) Kamera telephoto 8 MP, 30x space zoom, (f/2.4)

Sistem operasi Android 12, One UI 4

Baterai 4.500 mAh, fast charging 25 Watt (dengan kabel) fast charging 15 Watt (wireless)

Fitur lainnya Optical Fingerprint, NFC, sertifikasi IP68

Kamera depan 32 MP (f/2.2), FOV 81 derajat

Warna Olive, Lavender, White, dan Graphite

Harga  Update harga 7 Januari 2022

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.